Sejarah SMA PGRI 1

Sejak tahun ajaran 1979/1980 di Banjarbaru sudah mulai kebanjiran murid baik tingkat SMP maupun SMA, sehingga kpasitas sekolah negeri tidak mungkin dapat menampung calon siswa baru, khusus untuk SMA hanya ada dua buah sekolah negeri, dan belum ada sekolah swasta.

 

Oleh sebab itu maka tahun 19980/1981 dibentuklah SMA PGRI, yang maksudnya untuk menampung calon-calon siswa SMA yang tidak tertampung di SMAN 1 dan SMAN 2 Banjarbaru. Pada bulan Juli 1980 dimulailah kegiatan belajar SMA PGRI tersebut yang kegiatan belajarnya dilaksanakan di SMAN 1 Banjarbaru Jl. Keruing no. 2 Banjarbaru mulai pukul 14 s.d. 18.15 WITA. Jumlah rombongan belajar pada kelas 1 tahun ajaran tersebut adalah 4 kelas dengan jumlah siswa 199 siswa, dengan pengajar dominanan berasal dari SMAN 1 Banjaarbaru.

Pada tahun ajaran 19981/1982, kebanjiran murid semakin bertambah dari tahun sebelumnya, maka dibuka pula SMA PGRI di SMAN 2 Banjarbaru, sehingga SMA PGRI yang bertempat di SMAN 1 Banjarbaru dinamakan SMA PGR 1 dan SMA PGRI yang baru di SMAN 2 Banjarbaru dinamakan SMA PGRI 2 Banjarbaru.

Tahun ajaran 1982/1983 SMA PGRI 1 Banjarbaru jumlah rombongan belajar 12 kelas terdiri dari kelas 1, 2, dan 3 dengan status terdaftar. Pada tahun 1985/1986 SMA PGRI 1 Banjarbaru mulai membangun gedung sendiri diatas sebidang tanah hibah dari Pemerintah administrative Banjarbaru (Sekarang Pemko Banjarbaru) ? 6000 m2 yang terletak dijalan al-Jafri, sekarang Rt. 11 Rw. 03 Kelurahan Kemuning Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru.

Pembangunan sekolah setahap demi setahap dengan swadaya dan swakelola, ditambah subsidi dari Pemerintah sebanyak 2 lokal, sehingga pada tahun 1987 SMA PGRI 1 Banjarbaru memiliki 6 lokal dan semua siswa yang menumpang di SMAN 1 Banjarbaru, dapat pindah semua ke gedung sendiri, dengan kegiatan belajar 6 rombongan belajar masuk pagi, dan 6 rombongan belajar masuk siang hari.

Pada tahun 1989 SMA PGRI 1 Banjarbaru telah memperoleh akreditasi dengan status Diakui, sehingga mulai tahun 1989 tersebut sudah melaksanakan ujian sendiri, tidak lagi berafiliasi dengan SMAN 1 Banjarbaru.

Dalam perkembangan selanjutnya, selalu dikelola secara maksimal, meningkatkan mutu serta pelayanan terhadap siswa dan pembenahan saran fisik secara bertahap.

Keadaan sekarang walaupun rombongan belajar hanya 8 rombongan akibat bertambahnya kelas dan unit sekolah negeri yang baru, tetapi sudah dapat masuk pagi hari semua dengan ditunjang sarana Lab IPA, Lab Komputer, Lab Bahasa serta Perpustakaan yang representative. Sampai saat ini keberadaan SMA PGRI 1 Banjarbaru tetap diperlukan oleh masyarakat, dan tingkat kelulusan dapat berimbang dengan SMA-SMA Negeri serta sanggup bersaing dengan sekolah swasta yang lain.

BagikanShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *